Minggu, 11 November 2012

Program Kerja


RANCANGAN PROGRAM KERJA
DEWAN KERJA PRAMUKA PENEGAK PANDEGA
KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KOTA SOLOK
TAHUN 2009


     I.            PENDAHULUAN
Gerakan Pramuka dalam mendidik dan membina anak dan pemuda indonesia, bertujuan untuk menjadikan mereka menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan YME, berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti yang luhur, kuat mental, tinggi moral, kecerdasan, terampil serta dapat berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.
Selanjutnya ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk semua pihak yang telah membantu dalam merealisasikan program-program kerja DKR Lubuk Sikarah pada tahun 2008 baik dukungan moral, materil dan finansial dan kami tetap berharap kepada semua pihak untuk terus memperhatikan pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega khususnya dalam Wilayah Kwartir Cabang Kota Solok secara berkesinambungan yang tertuang dalam pelaksanaan program DKC dimasa mendatang.


Tahun 2009 merupakan tahun – tahun akhir masa bhakti Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Kota Solok untuk itu prioritas program di tahun ini dititikberatkan pada proses kaderisasi di tubuh Dewan Kerja Cabang dengan lebih memfokuskan kepada koordinasi dan pembinaan yang mengarah pada kemantapan penguasaan administrasi dan mana jemen di tubuh Dewan Kerja, untuk mendukung prioritas program tersebut di sajikanlah dalambentuk paket-paket kegiatan yang bersifat teknik kepramukaan lebih diutamakan dan akan dituangkan pada kegiatan nyata ditingkat Kwartir Cabang ataupun pembinaan yang bersifat koordinasi dan informasi ditingkat jajaran Kwartir Ranting dna Gugus Depan.

  1. DASAR
                  1.            Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
                  2.            Rencana Strategik Gerakan Pramuka
                  3.            Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No.080 Tahun 1988 tentang pola dan mekanisme pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega
                  4.            Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No.214 Tahun 2007 tentang petunjuk penyelenggaraan Dewan Kerja Pramuka Penegak Pandega
  1. MAKSUD DAN TUJUAN
         1.            Maksud
Maksud disusun rancangan Program Kerja Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok Tahun 2009 adalah sebagai penjabaran dari Rencana Kerja Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok guna menjadikan pedoman gerak pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega kususnya di wilayah Kwartir Cabang Kota Solok.
         2.            Tujuan
Adapun tujuan dari disusunya rancangan Program Kerja Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok Tahun 2009 adalah sebagai pedoman dan landasan operasional kegiatan Pramuka Penegak Dan Pandega Kota Solok dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawabnya.


  1. KONDISI AWAL
Kondisi awal ini dimaksud untuk menggambarkan sejauh mana keadaan Dewan Kerja Pramuka Penegak Dan Pandega Kota Solok pada awal tahun bakti 2009 ini, Hal ini sangat berpengaruh terhadap perencanaan kegiatan yang akan dihasilkan oleh Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cbaang Gerakan Pramuka Kota Solok yang selanjutnya akan dijabarkan dalam analisis SWOT.

  1. Potensi
  • Dari segi usia, Pramuka penegak dan pandega masih muda dan penuh semangat dalam pembinaan disatuannya.
  • Dukungan positif dari kwartir cabang dan pemerintah daerah dalam setiap kegiatan ditimgkat kwartir
  • Aktivitas latihan Gugus Depan yang berpangkalan di Perguruan Tinggi sudah mulai menampakan jati dirinya, walaupun belum diikuti oleh seluruh perguruan tinggi yang ada di wilayah Kwartir Cabang Kota Solok.
  • Adanya perhatian serius dari Pimpinan Cabang Satuan Karya dan dinas terkait dalam pembinaan Satuan Karya.

  1. Kelemahan
  • Kemajuan Ilmu Kepramukaan dari segi IPTEK tidak diiringi oleh terciptanya pembina Pramuka Penegak dan Pandega yang handal
  • Terbatasnya buku-buku panduan untuk latihan gugus depan dan satuan karya
  • Terbatasnya waktu yang dimiliki oleh anggota Dewan Kerja dalam memahami dan melaksanakan tugas pokoknya di Dewan Kerja
  • Terjadinya penggantian pengurus yang terlalu sering di Dewan Kerja cukup membuat pelaksanaan pembinaan tersendat-sendat
  • Kurangnya hubungan informasi dan konsultasi dengan jajaran dibawahnya
  • Dewan kerja ranting yang tidak berjalan secara optimal mengakibatkan terputusnya program pembinaan dan pengembangan Dewan Kerja ranting kejajaran dibawahnya

  1. Peluang
  • Adanya pembenahan bumi perkemahan yang bisa dijadikan sasaran kegiatan untuk merangsang meningkatkan jumlah T/D secara kuantitas
  • Perhatian serius dari pemerintah daerah terhadap pembinaan generasi muda
  • Satuan karya mulai berbenah untuk melaksanakan pembinaan yang berkesinambungan
  • Kemajuan ilmu pengetahuan , teknologi, manajemen dilihat dan diinformasikan

  1. Tantangan
  • Semakin menurunnya citra gerakan pramuka dikalangan masyarakat umum
  • Organisasi kepemudaan yang bersifat prestasi lebih dimiliki oleh generasi muda ketimbang organisasi pendidikan
  • Makin berkurangnya minat dan motivasi pemuda seusia Pramuka Penegak dan Pandega untuk bergabung dalam kegiatan Kepramukaan.
  • Makin meningkatnya kenakalan remaja, yang seusia Pramuka Penegak dan Pandega.

  1. Sasaran Bidang Secara Umum
Terlaksananya proses pembinaan yang mantap disatuan-satuan bina, sesuai dengan rencana strategik Gerakan Pramuka sehingga anggota Pramuka Penegak dan Pandega mampu untuk jadi teladan di masyarakat, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kewirausahaan dan pelaksana administrasi serta manajemen yang handal.
Berkenaan dengan hal tersebut diatas maka pelaksanaan program kerja tahun 2009 dijabarkan melalui pelaksanaan tugas pokok dan pembidangan Dewan Kerja

1.     Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Searah dengan tujuan pembangunan Nasional dan tugas pokok Gerakan Pramuka pembinaan dang pembangan sumber daya manusia yang selanjutnya disebut Pramuka Penegak dan Pandega diarahkan kepada pembentukan Pramuka Penegak dan Pandega yang berkualitas meliputi seluruh aspek hidup dan kehidupannya baik tingkat ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, keterampilan, pengetahuan, disiplin nasional, ideologi pancasila, wawasan kebangsaan serta kehidupan demokrasi Pancasila

Disisi lain upaya ini harus pula diikuti dengan kesempatan untuk  
mengembangkan sumber daya itu sendiri diantaranya adalah dengan memperbesar kesempatan Pramuka Penegak dan Pandega yang berpotensi untuk mengembangkan, meningkatkan kualitas diri melalui berbagai kegiatan baik secara Regional maupun Nasional.
Upaya-upaya untuk menciptakan kondisi ini adalah dengan :
1.     Pembinaan Organisasi Dewan Kerja secara Intensif yang meliputi bidang administrasi, personal, mekanisme kerja bidang, prosedur kerja tetap, dengan sedemikian rupa sehingga posisi dewan kerja disamping sebagai wadah pembinaan juga merupakan kumpulan para Pramuka Penegak dan Pandega yang berkualitas.
2.     Pembinaan kualitas kegiatan yang dilaksanakan di Gugus depan sebagai wadah Pramuka Penegak dan Pandega meliputi supervisi,pendistribusian PP dan mengupayakan adanya buku-buku pegangan pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega.


1.     Bidang organisasi dan kelembagaan Pramuka Penegak dan Pandega
1.     Melanjutkan program penataan administrasi dan kesekretariatan
   2.     Mutasi dan pergantian antar waktu Dewan Kerja Cabang Kota Solok
3.     Menggalakkan pembentukan kelompok kerja dan kegiatan Satuan Karya dari bersifat insidential kepada kebutuhan program.

1.     Program Bidang
  1. Bidang Kajian Kepramukaan
  • Mensosialisasi petunjuk-petunjuk penyelenggaraan yang berkaitan dengan penegak dan pandega sampai ke jajaran Gugus Depan
  • Meningkatkan manajemen kedewankerjaan
  • Melaksanakan rapat rutin Dewan Kerja
  • Mengajukan konsep pelaksanaan Sidang Paripurna Cabang Tahun 2008 ke Kwartir Cabang.
  • Mengikuti kegiatan Daerah, Nasional sesuai undangan
  1. Bidang kegiatan kepramukaan
  • Mengajukan konsep pelaksanaan Raimuna Cabang Tahun 2009 ke Kwartir Cabang
  • Berpartisipasi dalam Penyelenggaraan kegiatan JOTA dan JOTI Daerah, Nasional, Asia Pasifik dan Internasional.
  • Mengajukan konsep pelaksanaan Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka TIngkat Cabang Tahun 2009 ke Kwartir Cabang dan Pimpinan Cabang SatuanKarya.
  • Mengikuti kegiatan Daerah, Nasional sesuai undangan

  1. Bidang Hubungan Masyarakat
    • ·      Menjalin kerjasama dengan organisasi kepemudaan diluar Gerakan Pramuka, dalam rangka peningkatan kualitas Pramuka Penegak dan Pandega.
      ·        Pengupayakan terselenggaranya kegiatan Perkemahan Bakti masyarakat
      ·        Meningkatkan jumlah pramuka penegak dan pandega yang terlibat dalam kegiatan pembangunan masyarakat
  1. Bidang Evaluasi dan Pengembangan
  • Mengajukan konsep pelaksanaan LPK Cabang tahun 2009 ke Kwartir Cabang
  • Mengajukan konsep pelaksanaan Pelatihan Teknilogi Informasi ke Kwartir Cabang.
  • Menyusun data yang lebih akurat tentang kualitas dan kuantitas Pramuka penegak dan Pramuka Pendega.
  • Membentuk Waslitev pada setiap pelaksanana kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega.

  1. Progran Kerja dalam bentuk paket kegiatan
  1. Bidang Kajian Kepramukaan
  1. Sidang Paripurna Cabang Tahun 2009
Maksud
:
Dirumuskanya kebijakan tentang Rencana Program Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tahun 2010.
Waktu
:
November 2009
Tempat
:
Menyesuiakan

    1. Bidang Kegiatan Kepramukaan
      1. Berparsipasi dalam pelaksanaan JOTA dan JOTI daerah, Nasional dan Kawasan Asia Pasifik.
Maksud
:
Memberikan pengalaman dan Pengetahuan tentang pengunaan media komunikasi melalui radio pancar dan jaringan internet kepada Pramuka Penegak dan Pandega.
Waktu
:
Agustus 2009
Tempat
:
Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok

    1. Berparsipasi dalam pelaksanaan JOTA dan JOTI daerah, Nasional dan Internasional
Maksud
:
Memberikan pengalaman dan Pengetahuan tentang pengunaan media komunikasi melalui radio pancar dan jaringan internet kepada Pramuka Penegak dan Pandega.
Waktu
:
Oktober 2009
Tempat
:
Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok

    1. Raimuna Cabang Tahun 2009
Maksud
:
Memberikan kegiatan yang kreatif, inofatif dan produktif bagi Pramuka Penegak dan Pandega serta menitik beratkan pada peningkatan keterampilan, keahlian dan penguasaan tehnik-tehnik kepramukaan serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan dikalangan Pramuka Panegak dan Pandega.
Waktu
:
Desember 2009
Tempat
:
Bumi Perkemahan Ampang Kualo Kota Solok.

    1. Peran Saka Cabang Tahun 2009
Maksud
:
Menyajikan kegiatan yang menarik, menantang, kreatif dan produktif serta tetap mengandung unsur pendidikan bagi anggota Satuan Karya Pramuka yang ada diwilayah Kwartir Cabang Kota Solok.
Waktu
:
Menyesuiakan
Tempat
:
Bumi Perkemahan Ampang Kualo Kota Solok.

    1. Bidang Evaluasi dan Pengembangan
    1. LPK Cabang tahun 2009
Maksud
:
Sebagai wadah pendidikan pengembangan kepemimpinan bagi Pramuka Penegak dan Pandega lainnya dijajaran Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok
Waktu
:
Desember 2009
Tempat
:
SMP 5 Kota Solok / Bumi Perkemahan Ampang Kualo Kota Solok

      1. Pelatihan Teknologi Informasi
Maksud
:
Sebagai sarana latihan bagi Pramuka Penegak dan Pandega dalam kengikuti perkembangan kemajuan teknologi informasi serta pemanfaatannya.
Waktu
:
November 2009
Tempat
:
Menyesuaikan


  1. Penutup
Demikianlah rancangan Program Kerja Dewanb Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Koat Solok Tahun 2009 ini disajikan semoga dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaannya.


Solok, Januari 2009
Dewan Kerja Penegak dan Pandega
Kwartir Cabang Gerakan Pandega Kota         
Solok
Ketua


AFRINALDI











0 pendapat kamu...:

Poskan Komentar

Komentar Kamu Disini...